Dosen Psikologi FIP UNY Mengikuti Workshop Psikologi Positif se Indonesia Tahun 2019

Perwakilan dosen Psikologi FIP UNY Dr. Siti Rohmah Nurhayati, M.Si. dan Rahmatika Kurnia Romadhani, M.Psi mengikuti acara “Second Round Table Meeting (SRTM) dan Pelatihan Metode Pembelajaran Psikologi Positif” pada 19 – 20 Agustus 2019. Acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Psikologi Positif Indonesia (AP2I), Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha. Acara yang diikuti oleh dosen pengampu mata kuliah psikologi positif yang ada di universitas se-Indonesia.

Kegiatan round table meeting dimulai pada tanggal 19 Agustus 2019. Acara dimulai pukul 07.30 dengan agenda sharing antar perguruan tinggi. Setelah seluruh perguruan tinggi berbagi mengenai mata kuliah psikologi positif di kampus masing-masing, kegiatan dilanjutkan dengan penyamaan persepsi mengenai apa saja materi yang wajib diberikan pada mata kuliah psikologi positif. Kelas dibagi menjadi tiga, dengan tema-tema khusus. Tema satu ialah mata kuliah psikologi positif yang diberikan untuk S1 sebanyak 2 sks. Kelas kedua ialah kelas untuk S2 dengan jumlah 2 SKS. Kelas ketiga ialah mata kuliah S1/S2 yang diberikan lebih dari 2 SKS. Proses tersebut menghasilkan materi-materi wajib yang harus diberikan pada mata kuliah psikologi positif. Acara hari pertama selesai pada pukul 20.00 WIB.

Kegiatan hari kedua diawali dengan workshop metode pembelajaran psikologi positif. Kegiatan diawali pukul 07.30 dan diakhiri pada pukul 17.00. Agenda hari kedua membahas mengenai metode apa saja yang dapat digunakan agar tujuan psikologi positif dapat tercapai. (Nina-Yul.Tj)