KELOMPOK GAMELAN MAHASISWA PSIKOLOGI TAMPIL PERDANA DI PELEPASAN WISUDAWAN FIP UNY

Meski masih tergolong jurusan muda, namun Jurusan Psikologi mampu membangkitkan potensi para mahasiswanya khususnya dalam bidang kesenian. Salah satunya dengan tampilnya “Kelompok Gamelan Mahasiswa Psikologi” pada acara Pelepasan Wisudawan FIP pada hari Sabtu, 27 Mei 2016 di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta. Kelompok gamelan ini merupakan wadah berekspresi para mahasiswa psikologi khususnya dibidang musik gamelan. Kelompok gamelan ini digawangi oleh Muhammad Multazam Garin Anyarandika Putra yang akrab dipanggil Garin merupakan mahasiswa Psikologi serta merupakan pegiat musik gamelan. Personil kelompok gamelan ini terdiri dari 10 mahasiswa psikologi yaitu, Garin, Hamzah, Astri, Fikri, Wancik, Hafiz, Viktor, Fajar, Sintia dan Yusse. Mereka mempersiapkan penampilan perdana ini selama 2 bulan. Waktu yang cukup singkat bagi mereka untuk menampilkan pertunjukkan kemarin, padahal menurut Garin hanya ada 3 orang saja yang pernah memainkan gamelan, dan yang sisanya belum pernah. Upaya dan kerja keras bagi mahasiswa kelompok gamelan ini untuk berlatih dari ‘nol’ untuk mempersiapkan pertunjukkan perdana yang spektakuler seperti kemarin. “Saya mengajak teman-teman untuk bersama sama merasakan alunan musik gamelan biar ada semacam chemistry diantara kita, sehingga kami berlatih tidak terpaku dengan notasi” kata Garin ketika ditanya bagaimana cara ia untuk mengajari teman-temannya bermain gamelan, khususnya temannya yang belum pernah memainkan sebelumnya.
Lagu yang dibawakan cukup unik, yaitu Jaranan yang diaransemen oleh guru gamelan Garin sewaktu SMP lalu diarensemen ulang lagi oleh Garin dengan menambahkan beberapa alat gamelan sehingga terlihat unik. Pembawaan lagu yang menarik di acara Pelwis kemarin adalah hasil kerja keras dari masing-masing personil. “Seneng banget bisa tampil di acara sekaliber Pelwis (Pelepasan Wisuda) mewakili Jurusan Psikologi, padahal kita masih tergolong baru disini” ungkap Garin sewaktu diwawancara oleh redaksi.
Harapannya adanya kelompok gamelan ini bisa sebagai wadah berkreasi bagi mahasiswa Psikologi yang ingin mengembangkan diri. Keaktifan mahasiswa yang luar biasa dalam menampilkan sebuah pertunjukan hebat tidak luput dari perhatian Jurusan Psikologi, Ketua Jurusan, Sekertaris Jurusan, Pendamping Mahasiswa beserta dosen-dosen Jurusan Psikologi selalu memberikan support yang penuh kepada para mahasiswanya. “Jurusan bener-bener men-support, kami terus dipantau, diberi semangat serta dari segi pendanaan juga” tutur Garin.
Harapan kedepannya semoga Kelompok Gamelan ini semakin berkembang dalam mewadahi potensi mahasiswa lainnya yang mencintai musik tradisional dalam negeri ini. Sukses terus untuk Psikologi, Pasti Bisa! (ris)