PPM JURUSAN PSIKOLOGI 2020

            Pandemi COVID19 yang sudah memasuki bulan ke-6 di Indonesia tentunya memiliki dampak bagi berbagai bidang maupun lapisan masyarakat. Pandemi ini dapat menjadi ancaman dan pemicu munculnya masalah baru, setidaknya di lingkup keluarga.

            Program Pengabdian Masyarakat (PPM) telah dilaksanakan oleh Jurusan Psikologi FIP UNY setiap tahunnya. Berbeda dengan tahun lalu, kegiatan PPM selain dilaksanakan di Desa Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul, juga dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom. PPM yang dilaksanakan pada 14 Agustus 2020 di Balai Desa Mulyodadi bertujuan untuk membantu masyarakat menghadapi masalah yang muncul akibat pandemi COVID19. Kegiatan berlangsung dibagi dua sesi untuk remaja dan sesi untuk ibu – ibu.

            Sesi pertama seminar dengan sasaran audience remaja ini diawali dengan melakukan pre-test dilanjutkan dengan pemaparan materi “Perencanaan Karir Jaman Now” oleh Banyu Wicaksono, S.Psi., M.Sc. materi yang disajikan sangat menarik terutama bagi mereka yang sudah bekerja dan memasuki dunia prakerja, sehingga tidak sedikit dari mereka melontarkan berbagai pertanyaan, ditambah dengan terlihatnya antusisasme ketika mereka melakukan praktik membuat bagan perencanaan pekerjaan dan karir yang. Pembahasan dilanjutkan dengan pemaparan meteri oleh Dr. Rosita Endang Kusmaryani, M.Si., dengan topik tentang Personal Branding dengan judul “Siapkah Brand Anda Bersaing di Dunia Kerja”, yang mengulik banyak hal terkait pentingnya Personal Branding dan bagaimana kita memunculkan Brand untuk menambah value dalam diri tiap-tiap peserta, pada pembahasan topik kedua ini, peserta juga diajak untuk memahami karakter diri sendiri, dengan menuliskan karakter, kelebihan, serta kekurangan masing masing individu. Dan di penghujung dari sesi pertama seminar, peserta melakukan post-test sebelum penutupan.

            Sesi kedua diisi oleh Dr. Siti Rohmah Nurhayati, S.Psi, M.Si mengangkat topik “Cara Menjaga Ketahanan Keluarga di Saat Krisis”, pemaparan materi tersebut diharapkan dapat mengedukasi masyarakat karena kondisi pandemi saat ini termasuk krisis yang dapat mengancam ketahanan keluarga. Seminar yang disajikan tidak jarang membuat para peserta menyetujui beberapa contoh permasalahan yang muncul karena pandemi ini, seperti stress dan kewalahan mengurus anak – anak sekolah daring, munculnya perdebatan karena intensitas bertemu di rumah semakin tinggi, dan sebagainya. Selain pemaparan materi juga disertai pre-test dan post-test guna mengetahui tingkat materi yang dipahami oleh peserta. Pada akhir sesi terdapat salah satu peserta yang mengajukan pertanyaan mengenai memungkinkan atau tidak untuk melibatkan orang lain dalam permasalahan rumah tangga dan proses untuk menentukan lebih baik cerai atau tidak. Sesi kedua ini dilakukan follow up dengan membentuk grup whatsaspp antara pemateri dengan peserta.

            PPM juga dilaksanakan secara daring atau online melalui aplikasi Zoom, acara ini dilaksanakan 19 Agustus 2020, Talk Show berjudul “Harmoni Orangtua dan Anak” ini dipandu oleh Rahmatika Kurnia Romadhani, S.Psi., M.Psi. sebagai moderator. Online Talk Show yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini membahas dua topik yang sangat menarik, yaitu “Komunikasi Orangtua dan Anak yang OK” yang di fasilitatori Ketua Laboratorium Psikologi FIP UNY, Dr. Farida Harahap, M.Si., dalam pemaparannya, beliau memberikan latihan pembuatan Genogram Keluarga, Family Floor Plan, dan Evaluasi komunikasi dengan anak, yang digunakan untuk membantu, peserta memahami kualitas komunikasi dalam keluarga, lalu dilanjutkan dengan pemaparan terkait komunikasi dalam keluarga. Fasilitator kedua dalam Talk Show ini adalah Dr. Rita Eka Izzaty, M.Si. dengan topik “Mengatasi Permasalahan Perilaku pada Anak”, sebagai expert di bidang perkembangan, hal ini sangat apik dibawakan, mulai hal mendasar, cara memperlakukan, menegur, memberi pembelajaran dan pengertian bagi anak sesuai usianya, menambah banyak pengetahuan baru bagi para peserta dari berbagai kalangan, mulai dari ibu tumah tangga, guru, dosen, hingga mahasiswa. Walaupun terhalang beberapa kendala terkait koneksi internet, dan masalah teknis, namun Online Talk Show ini berjalan dengan lancer dan mendapat banyak pujian dari peserta, terlihat dari pesan yang disampaikan para peserta dalam form evaluasi yang disediakan.

            PPM tahun 2020 yang dilaksanakan dengan dua sistem, yaitu offline dan online, dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan COVID19 dan juga memanfaatkan penggunan media daring untuk tetap dapat berbagi informasi dan pengetahuan. Besar harapannya materi yang disampaikan dalam PPM 2020 kali ini dapat membantu masyarakat dalam menghadapi masalah – masalah yang muncul selama pandemi, khususnya dalam hal ketahanan keluarga, serta dapat memberikan pengetahuan bagi para peserta Online Talk Show terkait pola komunikasi dan pengasuhan anak.(reg/fath/yul-tj)