SIMPOSIUM MAHASISWA PSIKOLOGI FIP UNY DAN UPSI MALAYSIA

Jurusan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menghelat simposium ilmiah psikologi pertama di UNY. Simposium ini digagas dari kerjasama antara dua Jurusan Psikologi UNY dan Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. Pertemuan ilmiah yang diadakan pada Selasa ini (29/10/2019), bertajuk “1st UNY-UPSI Student Symposium”.

Sebanyak 10 artikel ilmiah dan penelitian dipresentasikan dan didiskusikan di Ruang Sidang I, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY. Enam penelitian dari mahasiswa-mahasiswa UPSI dan sisanya dari penelitian mahasiswa psikologi UNY.

Dosen Jurusan Pendidikan Psikologi serta Bimbingan dan Koseling (BK), Suwarjo menyatakan bahwa program ini diharapkan sebagai wadah menjawab tantangan pengetahuan, khususnya di bidang psikologi. “Dengan adanya kemajuan teknologi yang sangat pesat, apakah peran psikolog akan digantikan oleh robot?” seloroh Suwarjo. Pertemuan-pertemuan ilmiah semacam ini diharapkan sebagai ruang diskusi untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut.

Visiting professor, Hazalizah binti Hamzah, psikolog dari UPSI menyatakan bahwa salah satu tujuan pengadaan simposium ini adalah upaya mengembangkan ilmu psikologi secara bersama-sama. “Semoga program ini tidak berhenti di sini, terus berlanjut di masa yang akan datang,” pungkas Hazalizah.

Dian Candrasari, salah seorang mahasiswi psikologi yang mempresentasikan penelitiannya menyatakan apresiasinya mengenai simposium ilmiah ini. “Acaranya bagus, kita [mahasiswa UNY dan UPSI Malaysia] jadi bisa bertukar ilmu,” jawab Dian ketika ditanya mengenai kesannya mengikuti “1st UNY-UPSI Student Symposium”. (Muhammad Abdul Hadi/JK)