SOSIALISASI JURUSAN PSIKOLOGI DI JOGJA TV

Rabu (23/3) Dengan mengambil tema “Kontribusi FIP UNY dalam era MEA”, FIP UNY kembali tampil di Jogja TV dalam rangka sosialisasi kepada khalayak ramai. Acara ini dipresenteri oleh Tulus Angga Wijaya. Tampil sebagai nara sumber Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd., Kajur Psikologi, Dr. Rita Ika Izzaty, M.Si. dan Kajur PLS Lutfi Wibawa, M.Pd. Acara sosialisasi ini dihadiri pula oleh Kajur, Sekjur, Kabag, Kasubag dan Humas FIP UNY didampingi 5 personel dari Kantor Humas Promosi dan Protokoler UNY. Siaran on air ini dilaksanakan dari pukul 20.30-21.30 wib.

Acara yang diawali dengan penayangan profil singkat FIP UNY mengupas tuntas informasi seputar FIP UNY. Sesuai dengan tema, para narasumber menjabarkan tentang kesiapan FIP UNY untuk mencetak lulusan dengan keahlian global, terutama IT dan kemampuan berbahasa asing. “Era MEA ada 3 perdagangan yang mendasar, yaitu barang, jasa dan investasi. Lulusan FIP kami arahkan agar lebih unggul dalam bidang jasa, walaupun tidak menutup kemungkinan lulusan FIP dapat berdagang barang atau investasi. Pihak fakultas juga mendukung penuh program sit in ke universitas luar negeri dan telah mengimplementasikan lecture exchange” ungkap Dr. Haryanto, M.Pd.

Hal ini diamini oleh Kajur PLS, Lutfi Wibawa, M.Pd yang mengatakan bahwa di era MEA, mahasiswa lulusan PLS dibekali dengan mental yang kuat agar tidak kaget turun di masyarakat umum. “Disamping itu mahasiswa PLS juga dibekali dengan kekuatan modal sosial karena ikatan sosial lebih memberikan kekuatan dari pada materi” tambahnya lagi. Dalam menghadapi MEA, mahasiswa juga lebih dibekali dengan kemampuan berwirausaha dari pada untuk menjadi pegawai

Sejalan dengan hal ini, Kajur Psikologi Dr. Rita Ika Izzaty, M.Si. menjelaskan pula bahwa lulusan Psikologi dibekali dengan softskill dan semua mahasiswa UNY harus bisa lulus Pro Tefl minimal skor 400. Meskipun tergolong prodi yang baru setahun berdiri, Animo Prodi Psikologi cukup tinggi. Terhitung 4388 calon mahasiswa mendaftar untuk memperebutkan 80 kursi. Pada kesempatan ini Kelompok Cupcoustic dari mahasiswa TP FIP UNY tampil menyegarkan suasana dengan music unik dengan menggunakan gelas plastic sebagai salah satu instrument musik . Hal ini membuktikan bahwa FIP juga mendukung dalam bidang kesenian budaya tidak hanya dalam bidang pendidikan saja. (ant)