Workshop Pre Job Hunting FIP UNY 2017

Jumat (20/10) Ketika seseorang masuk dalam dunia kerja, akan terasa berbeda sekali dengan dunia perkuliahan. Dunia kerja tidaklah linear. Dunia kerja sekarang sangatlah cair, ungkap Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd. dalam sambutannya di Workshop Pre Job Hunting. Orang yang sudah selesai studi tidaklah harus menjadi PNS, akan tetapi bisa sebagai pegawai perusahaan swasta atau sebagai wiraswasta
Hal ini diamini oleh Veny Hidayat, M.PSi, yang menjelaskan ketika seseorang keluar dari dunia kampus, bukan berarti seseorang itu harus menjadi pekerja, tetapi bisa juga menjadi orang yang menciptakan lapangan kerja. Disamping itu, dosen Jurusan Psikologi FIP UNY yang memiliki keahlian dalam bidang psikologi industri dan organisasi ini menyampaikan, dalam dunia kerja ada teori yang dapat diaplikasikan yaitu teori pertukaran sosial. Pengertian teori ini adalah teori dalam ilmu sosial yang menyatakan bahwa dalam hubungan sosial terdapat unsur ganjaran, pengorbanan, dan keuntungan yang saling mempengaruhi.
Terdapat 5 aspek ketika seseorang memasuki dunia kerja yaitu Pengetahuan, Bakat dan minat, Keterampilan, Kepribadian, Teknis/procedural. Ketika seseorang lulus kuliah, mereka harus memiliki pilihan karir yaitu pilihan karir utama dan karir alternative. Di sesi berikutnya, diisi oleh Siti Aminah, M.Pd, Dosen BK yang menjabarkan mengenai Administrasi Kelengkapan Kerja, dalam hal ini yaitu Curriculum Vitae pencari kerja, Pas Photo berbagai ukuran, fotokopi transkrip dan ijazah yang telah dilegalisir dan fotokopi sertifikat keterampilan khusus. Pencari kerja hendaknya memiliki sasaran yang realistis, terukur, spesifik dan fleksibel. Banyak dari mereka “tersandung” saat wawancara. Beberapa kendala antara lain, kerapian busana, etika, kelancaran dan nada bicara saat ditanya, ujarnya lagi.
Sesi terakhir diisi oleh Achmad Heru Kusumawan, ST, HR Manager Bank BNI Kanwil Yogyakarta yang memfokuskan mengenai Tampilan resume, CV dan tips ketika wawancara. Heru menjelaskan juga mengenai tata cara mengirim lamaran melalui email. (ant)