Mahasiswa Psikologi berhasil Meraih Juara 1 Mapres FIP UNY 2021

Jamila Nugrasititi, mahasiswa Psikologi S1 berhasil meraih Juara 1 dalam Pemilihan Mahasiswa Berpretasi tingkat FIP UNY pada 4 Maret 2021. Aya, panggilan Gayari, juga pernah menjuarai tingkat nasional lomba Juara 1 Announcer Competition PARD#7 tingkat nasional. Aya dalam pesentasi karya tulis ilmiah dengan judul Analisis Reward System Untuk Meningkatkan Employee Engagement Pada Karyawan.

"Untuk menjalankan suatu perusahaan agar dapat mencapai tujuan yang sesuai, diperlukan adanya sumber daya manusia yang memadai dan mampu untuk menciptakan tujuan perusahaan. Untuk meningkatkan kualitas karyawan diperlukan adanya imbalan yang sesuai agar karyawan mampu terlibat secara tepat. Oleh karena itu, tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengkaji sistem penghargaan yang tepat untuk diberikan karyawan agar mampu mencapai Engagement. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa penghargaan yang mampu meningkatkan engagement karyawan adalah dengan memberikan penghargaan secara finansial. Lalu diikuti dengan penghargaan lain seperti pengakuan dari atasan dan juga kesempatan untuk mengembangkan karir bagi karyawan”, paparnya.

Pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat FIP ini, diikuti oleh perwakilan mahasiswa semua prodi di FIP diantaranya Yoga Asadi Unggul Wicaksono Prodi Kebijakan Pendidikan, Khairunnisa Zulfa Alifah prodi PGSD Kampus 2, Ryana Rahma Kusumaningtyas Prodi Bimbingan dan Konseling, Hafidz Khasyi Al Farizi Prodi Manajemen Pendidikan, Sefi Rahmawati Prodi PGSD kampus 1, Haura Afifah Syukri Prodi PG PAUD, Maulida Anita Putri Prodi Pendidikan Luar Sekolah, Nur Fadhilah Prodi PGSD kampus Wates, Ihsan Marvel Prodi Pendidikan Luar Biasa, dan Mardhotillah Chusna Aslimah Prodi Teknologi Pendidikan.

Pemilihan mahasiswa berprestasi ini melalui tahapan seleksi dari tingkat prodi, dan ditingkat fakultas, penilaian berdasarkan portopolio dari peserta. Adapapun beberapa kiteria penilaian adalah prestasi yang diraih baik dalam kompetisi atau non kompetisi, keaktifan organisasi, karya tulis ilmiah. Selain portopolio juga ada penilaian presentasi karya imliah dan kemampuan berbahasa inggris.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIP UNY, Joko Pamungkas, M.Pd., berharap kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi ini mampu meningkatkan motiviasi mahasiswa untuk terus berprestasi. Joko juga berharap Gayari, mapres FIP 2021 ini berhasil menjadi mahasiswa berpretasi tingkat UNY. (RIT-yul.tj)