RAKERNAS Forum Komunikasi Psikologi Eks IKIP 2022

Gambar Berita: 
Isi: 

Telah diselenggarakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) I Forum Komunikasi Psikologi Eks IKIP (FKPUI) di Pangeran Beach Hotel, Padang, Sumatera Barat 24-27 Juli 2022. Rakernas ini dilaksanakan oleh Departemen Psikologi Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Negeri Padang (FPK UNP). Tema yang diusung dalam Rakernas ini yakni “Kolaborasi FKPUI Menuju Akselerasi Implementasi Kampus Merdeka” dengan mengikutsertakan 9 Universitas di Indonesia. Pelaksanaan Rakernas dilakukan secara hybrid (offline dan online). Prodi Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta turut bergabung dalam pelaksanaan Rakernas yang diwakili oleh Ketua Jurusan Psikologi, Dr. Siti Rohmah Nurhayati, M.Si. dan Sekretaris Jurusan Psikologi, Dr. Farida Agus Setiawati, M.Si.
Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini membahas rancangan ke depan terkait kurikulum. Agenda pertama dibuka oleh Wakil Dekan III FPK UNP, Dr, Mardianto, S.Ag, M.Si dan dilanjutkan dengan kuliah umum dengan tema “Urgensi Kurikulum Bersama dalam Rangka Implementasi MBKM dan Pencapaian IKU” yang dibawakan oleh Prof. Didik Sukyadi, M.A. Agenda dilanjut dengan kegiatan Pra-Rapat Kerja dengan bahasan mengenai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART).
Selain itu, terdapat agenda Perancangan Kurikulum Bersama yang akhirnya memutuskan diadakannya mata kuliah Psikologi Guru sebagai mata kuliah khas FKPUI. Lalu, terdapat agenda pembahasan program kerjasama dosen dan mahasiswa yang membahas terkait kegiatan Temu Ilmiah Nasional, Seminar Nasional, serta Pertukaran Dosen dan Mahasiswa. Dalam Rakernas ini, ditetapkan pula perubahan nama Forum Komunikasi Psikologi Eks IKIP menjadi APsi (Asosiasi Psikologi) LPTK.

Acara diakhiri dengan Musyawarah Nasional dengan beberapa agenda. Agenda pertama yakni disahkannya AD ART yang telah dibahas pada hari pertama dalam acara Rakernas ini. Dilanjut dengan laporan pertanggungjawaban Ketua Pengurus yang disampaikan oleh Dr. Sri Maslihah, M.Psi selaku Ketua FKPUI dan sekaligus pelantikan Ketua Pengurus berikutnya untuk periode 2022-2024 yakni Dr. Siti Rohmah Nurhayati, M.Si, Psikolog. Diucapkan selamat kepada Dr. Siti Rohmah Nurhayati atas amanah barunya. Semoga nantinya APsi LPTK dapat terus bertumbuh dalam kepemimpinan yang baru dan dapat mencapai kualitas pendidikan yang dapat bersaing dalam kancah yang lebih luas.(Qon-Yul.tj)