Visi, Misi, & Tujuan

PENDAHULUAN


Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta hadir dan berkembang untuk menjawab  tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap tenaga ahli bidang Psikologi yang mampu melakukan analisis perilaku serta intervensi psikologis semakin tinggi. Jurusan Psikologi ini diselenggarakan guna menyiapkan lulusan sarjana Psikologi yang professional yang memiliki kemampuan akademik, soft-skill, dan kompetensi profesional dalam bidang Psikologi dengan didukung dasar-dasar keilmuwan dalam bidang pendidikan yang dapat diterapkan dalam bidang pendidikan, klinis, industri, masyarakat, serta bidang-bidang yang bergerak dalam lingkup bidang sosio-humaniora. Lulusan program S1 Psikologi yang bergelar S.Psi dapat bergabung dalam keanggotaan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

VISI


Pada tahun 2025 menjadi lembaga pendidikan tinggi di bidang Psikologi yang terpercaya dan berorientasi pada pengembangan karakter dengan berlandaskan kepada nilai-nilai ketaqwaan, kemandirian, kecendekiaan, berwawasan kebangsaan, dan  kemanusiaan.

Penjelasan Visi

  • Terpercaya berarti dapat menghasilkan gagasan dan ide untuk pengembangan ilmu dan masyarakat dengan pendekatan ilmiah yang kuat dan menghasilkan lulusan yang kompeten, adaptif, dan berdaya saing tinggi, berjati-diri dan berdaya saing di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional serta diakui oleh pengguna lulusan.
  • Pengembangan karakter berarti bahwa proses pendidikan di Psikologi UNY berorientasi pada mengembangkan karakter positif mahasiswa baik dalam bersikap maupun berperilaku sehari-hari. Pengembangan nilai-nilai karakter ini ditanamkan melalui kegiatan pelatihan, perkuliahan, dan pengembangan diri melalui ekstrakurikuler.
  • Ketakwaan mengandung arti bahwa dalam menjalankan amanahnya, UNY dengan Program Studi S-1 Psikologi sebagai salah satu bagiannya senantiasa melakukan kegiatan-kegiatannya pada jalan yang diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa. Prodi Psikologi akan mendorong dosen, mahasiswa, serta tenaga kependidikan untuk menjalankan agama dan keyakinannya secara konsisten dan menghormati praktik agama lain. Praktik agama yang demikian akan mendukung terciptanya perdamaian dari pihak-pihak yang memiliki kesamaan maupun perbedaan. Dengan nilai ketaqwaan, setiap sivitas akademika diharapkan dapat (1) beriman teguh, (2) jujur, (3) taat kepada hokum dan perintah Tuhan, serta (4) berakhlak mulia.
  • Kemandirian merujuk kepada profesionalisme (kemampuan) diri seseorang yang kuat dalam menjalankan amanahnya sehingga cara berpikir, bersikap, dan bertindak lebih cenderung dilandasi oleh profesionalisme diri dengan penuh kesadaran atas akibatnya baik bagi diri sendiri, lembaga, masyarakat, maupun bangsa; baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Insan yang demikian tidak akan berbuat secara amatiran, tetapi mengedepankan profesionalisme diri, kepercayaan diri, dan prakarsa diri, serta yang tidak selalu menggantungkan pada orang lain. Hal ini menyiratkan perlunya pengembangan kemampuan diri dan keberanian dalam pembuatan keputusan, pelaksanaan, dan bertanggung jawab atas segala akibatnya. Nilai-nilai yang tumbuh pada sivitas akademika yang mencerminkan kemandirian adalah: (1) bertanggung jawab, (2) berintegritas, (3) amanah, (4) berani, dan (5) berjiwa wirausaha
  • Kecendekiaan mengandung arti bahwa dalam berpikir, bersikap, dan bertindak, sivitas akademika di dalam Prodi Psikologi UNY selalu mendasarkan pada kebenaran ilmiah.  Prodi Psikologi selalu berupaya untuk mendukung sebuah kebenaran dengan data-data empiris. Selain itu, Prodi Psikologi senantiasa mendorong sivitas akademikanya untuk menghindari kebenaran subyek tunggal. Dengan kata lain, Prodi Psikologi mendorong sivitas akademikanya untuk bersikap terbuka terhadap masukan dari pihak lain. Oleh karena itu, setiap unit kerja yang berada di bawah naungan UNY (termasuk Program Studi S-1 Psikologi FIP UNY) didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang didukung ciri-ciri dari seorang cendekian, yaitu: (1) cakap dan pintar, (2) cerdas, (3) kreatif, (4) produktif berkarya, dan (5) peduli.
  • Berwawasan Kebangsaan mengacu pada adanya kesadaran akan jati diri, kebanggaan berbangsa, kepekaan dan komitmen terhadap penyelesaian persoalan lembaga dan persoalan kebangsaan. Nilai kebangsaan tersebut diharapkan tertanam pada sivitas akademika Fakultas Ilmu Pendidikan, termasuk Program Studi S-1 Psikologi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan. Setiap sivitas akademika didorong untuk memiliki sikap bangga dan cinta tanah air, rasa nasionalisme, rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa, dan sikap berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang berdasarkan Pancasila.
  • Kemanusiaan merujuk pada adanya sikap dan perilaku yang menjunjung tinggi nilai-nilai universal yang ditunjukkan dengan adanya sikap toleransi dan  menghargai adanya keanekaragaman pada manusia,  memiliki rasa empati dan kepekaan sosial, serta peduli terhadap masyarakat dan lingkungan.

MISI


  • Menyelenggarakan pendidikan Psikologi yang menghasilkan lulusan yang kompeten, adaptif, dan  berdaya saing  tinggi di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional berlandaskan nilai-nilai ketaqwaan, kemandirian, kecendekiaan, berwawasan kebangsaan, dan kemanusiaan.
  • Melakukan penelitian yang menghasilkan kebaruan dalam konsep dan penerapan ilmu psikologi yang berorientasi pada penumbuhan dan pengembangan potensi, kompetensi, karakter, dan pemecahan masalah.
  • Melakukan pengabdian dan pelayanan professional dengan melibatkan mahasiswa dan pihak-pihak terkait berdasar pada hasil penelitian dan kebutuhan masyarakat.
  • Menyelenggarakan program-program kemahasiswaan dalam rangka mengembangkan potensi, kompetensi, serta membentuk karakter.
  • Menyelenggarakan tata kelola yang akuntabel dan menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah maupun swasta, serta lembaga yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan kualitas manusia.

TUJUAN

Tujuan penyelenggaraan pendidikan Program Studi Psikologi adalah :

  1.  
  • Menghasilkan lulusan yang kompeten, adaptif, dan berdaya saing tinggi, berjati-diri dan berdaya saing di tingkat regional, bertakwa, mandiri, dan cendekia menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan dan kemanusiaan;
  • Menghasilkan penemuan, pengembangan dan penyebarluasan hasil-hasil penelitian yang memiliki kebaruan dalam konsep dan penerapan ilmu psikologi yang berorientasi pada penumbuhan dan pengembangan potensi, kompetensi, karakter, dan pemecahan masalah.
  • Terselenggaranya pengabdian dan pelayanan professional kepada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa dan pihak-pihak terkait berdasar pada hasil penelitian dan kebutuhan masyarakat yang mendorong pengembangan potensi manusia, masyarakat  untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
  • Terselengaranya program-program kemahasiswaan dalam rangka mengembangkan potensi, kompetensi, serta membentuk karakter.
  • Terselenggaranya tata kelola yang akuntabel dan terjalinnya kerjasama dengan lembaga pemerintah maupun swasta, serta lembaga yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan kualitas manusia untuk meningkatkan kualitas kompetensi lulusan.