Visi, Misi, & Tujuan

PENDAHULUAN


Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta hadir dan berkembang untuk menjawab  tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap tenaga ahli bidang Psikologi yang mampu melakukan analisis perilaku serta intervensi psikologis semakin tinggi. Jurusan Psikologi ini diselenggarakan guna menyiapkan lulusan sarjana Psikologi yang professional yang memiliki kemampuan akademik, soft-skill, dan kompetensi profesional dalam bidang Psikologi dengan didukung dasar-dasar keilmuwan dalam bidang pendidikan yang dapat diterapkan dalam bidang pendidikan, klinis, industri, masyarakat, serta bidang-bidang yang bergerak dalam lingkup bidang sosio-humaniora. Lulusan program S1 Psikologi yang bergelar S.Psi dapat bergabung dalam keanggotaan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

VISI


Pada tahun 2025 menjadi lembaga pendidikan tinggi di bidang Psikologi yang terpercaya dan berorientasi pada penumbuhan dan pengembangan kualitas, kapasitas, karakter, dan potensi manusia dengan berlandaskan kepada nilai-nilai ketaqwaan, kemandirian, kecendekiaan, kebangsaan, dan  kemanusiaan.

MISI


  • Menyelenggarakan Program Studi Psikologi yang secara akademik mampu menghasilkan lulusan unggul berdaya saing di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional yang mampu bersikap ilmiah, inovatif, bertaqwa, mandiri, cendekia, berkebangsaan, serta berjiwa kemanusiaan.
  • Melakukan penelitian yang menghasilkan kebaruan dalam konsep dan penerapan ilmu psikologi yang berorientasi pada penumbuhan dan pengembangan kualitas, kapasitas, karakter, dan potensi manusia.
  • Melakukan pengabdian dan pelayanan professional dengan melibatkan mahasiswa dan pihak-pihak terkait berdasar pada hasil penelitian dan kebutuhan masyarakat.
  • Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta baik di tingkat lokal, nasional, regional maupun internasional yang memiliki kepedulian terhadap kualitas, kapasitas, karakter dan potensi manusia.
  • Menyelenggarakan program-program kemahasiswaan dalam rangka membentuk karakter yang bertakwa, mandiri, cendekia, bermanfaat bagi bangsa, serta humanis.

    TUJUAN

    Tujuan penyelenggaraan pendidikan Program Studi Psikologi adalah menghasilkan Sarjana Psikologi profesional yang mampu:

  • Memahami pengetahuan dasar Psikologi dan teknik pengamatan secara objektif sehingga dapat menginterpretasikan tingkah laku manusia menurut kaidah-kaidah Psikologi baik perorangan maupun kelompok.
  • Mengenal berbagai macam alat pengukuran Psikologi dan memahami fungsi serta manfaatnya.
  • Mampu menunjukkan kepekaan terhadap nilai dan permasalahan bio–psiko–sosial dan moral dalam konteks Indonesia.
  • Mampu melakukan penelitian di bidang Psikologi.
  • Mampu menghayati dan melaksanakan kode etik keilmuan, penelitian dan profesi.