Kompetensi Lulusan

A. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

1. SIKAP

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa  dan mampu  menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan nilai-nilai agama, moral, dan etika;
  3. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  4. menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan  dan   bersikap empatik;
  5. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  6. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara  dan bangsa;
  7. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  8. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  9. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan  bermasyarakat  dan  bernegara;
  10. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang Psikologi secara mandiri;
  11. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
  12. Menumbuhkembangkan karakter kemandirian yang didukung oleh sikap kritis terhadap perkembangan ilmu, teknologi, dan informasi

 

2.    PENGETAHUAN

  1. konsep teoretis utama (major concepts) tentang proses dan fungsi mental manusia (seperti memori, emosi, dan motivasi), serta sejarah dan aliran-aliran dalam psikologi;
  2. konsep teoritis tentang pengaruh otak dan sistem syaraf terhadap perilaku;
  3. konsep teoritis tentang proses belajar;
  4. teori-teori kepribadian;
  5. konsep teoritis tentang perkembangan manusia dari konsepsi sampai usia lanjut;
  6. konsep teoritis tentang kesehatan mental dan psikopatologi;
  7. konsep teoritis hubungan manusia dengan lingkungan sosialnya;
  8. konsep dan teori-teori dasar dalam Psikologi Industri dan Organisasi;
  9. teknik- teknik statistika dasar dan metodologi penelitian dasar;
  10. tahapan penyusunan skala psikologi, konsep-konsep dalam pengukuran psikologis (validitas, reliabilitas, norma), teori tes klasik, dan konsep dasar dalam psikometri;
  11. konsep dasar dan prinsip-prinsip psikodiagnostik, teknik interview, teknik observasi, serta konsep dasar teoritis yang mendasari tes psikologi;
  12. dasar-dasar konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan psikoterapi;
  13. konsep teoritik komunikasi antar pribadi dan komunikasi massa;
  14. prinsip- prinsip pendekatan komunitas dalam mengupayakan peningkatan kesehatan mental;
  15. tata cara penulisan ilmiah dengan standar American Psychological Association (APA);
  16. prinsip etika profesi dan Kode Etik Psikologi Indonesia; dan
  17. konsep teoritik tentang pengembangan diri dan karir

 

3.    KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Memiliki kemampuan asesmen; mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia;
  2. Memiliki kemampuan pengukuran psikologis: mampu mengembangkan instrumen  pengukuran psikologi berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik;
  3. Memiliki kemampuan pemecahan masalah psikologis: mampu menganalisis persoalan psikologis non- klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada;
  4. Memiliki kemampuan intervensi psikologis: mampu melakukan intervensi psikologi dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia;
  5. Memiliki kemampuan hubungan profesional dan interpersonal : mampu melakukan rapport dan membangun hubungan profesional yang efektif serta membangun hubungan interpersonal yang sehat;
  6. Memiliki kemampuan komunikasi: mampu menyampaikan gagasan secara tertulis, menampilkan presentasi secara efektif, dan menggunakan teknologi informasi secara bertanggungjawab;
  7. Memiliki kemampuan penelitian: mampu melakukan penelitian psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif (minimal dengan analisis statistika deskriptif atau inferensial bivariate, serta non-parametrik untuk observed variable), dan dengan  metodologi penelitian kualitatif generik;
  8. Memiliki kemampuan pengembangan diri: mampu merencanakan dan mengembangan karier dan pengembangan dirinya sendiri (career and personal development); dan
  9. Memiliki etika psikologi: mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia

 

4.    KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan         atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara  dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik  seni, menyusun deskripsi  saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi  saintifik hasil kajian tersebut di  atas dalam bentuk skripsi  atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara  dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu menegakkan integritas akademik secara umum, mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  10. Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global; dan
  11. Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian