Sejarah Singkat

SEJARAH


Prodi Psikologi Strata 1 yang berdiri berdasarkan keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 37/M/KP/III/2015 berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY, selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Rektor UNY Nomor 253 Tahun 2015 tertanggal 12 Juni 2015 tentang pendirian Jurusan Psikologi FIP UNY. Sejak tanggal tersebut Prodi Psikologi menjadi Jurusan. Sebagai jurusan baru, tentunya jurusan harus banyak belajar dari berbagai universitas yang memiliki jurusan atau Fakultas Psikologi serta trends di dunia Psikologi serta kebutuhan masyarakat, khususnya terkait kurikulum.

Pengembangan kurikulum di Jurusan Psikologi UNY harus mengacu pada hasil pertemuan tahunan Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) tentang capaian pembelajaran serta kualifikasi dan kompetensi utama Sarjana Psikologi yang didasarkan pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Selain mengacu pada hasil kolokium tersebut, seperti yang telah disinggung sebelumnya, pengembangan kurikulum Jurusan Psikologi yang dijabarkan dalam mata kuliah memperhatikan perkembangan Ilmu Pengetahuan Psikologi yang didapatkan dari berbagai referensi terbaru, baik dari textbook, handbook, dan kajian jurnal ilmiah, mempertimbangkan desain kurikulum dari beberapa Perguruan Tinggi, baik yang berada di dalam negeri maupun luar negeri, kebutuhan masyarakat yang diketahui dari kepekaan adanya permasalahan yang terkait perilaku manusia saat ini pada berbagai ranah dan setting, serta para pengguna jasa Sarjana Psikologi.

Dari penelaahan tersebut, disimpulkan bawa berbagai persoalan yang terkait dengan perilaku manusia saat ini membutuhkan sumbangsih Ilmu Psikologi dalam membantu penyelesaian berbagai masalah. Melalui pendekatan yang terarah dan analisis perilaku manusia yang mendalam, serta berbagai hal yang berhubungan dengan pengembangan diri maupun interaksi sesama manusia dalam berbagai setting kehidupan manusia menguatkan bahwa peran konsep dan aplikasi Ilmu Psikologi dibutuhkan pada berbagai bidang. Namun demikian, walaupun Psikologi merupakan ilmu murni dan dapat diterapkan, penyelesaian permasalahan yang terkait manusia membutuhkan ilmu lain, seperti misalnya berbagai macam ilmu pendidikan dan atau sosiologi, sehingga permasalahan dapat terselesaikan secara komprehensif dan multidimensi.