Departemen Psikologi UNY Menjadi Tuan Rumah 4th Round Table Meeting Asosiasi Psikologi Positif Indonesia

Sabtu (13/01/2024) - Departemen Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan bangga menjadi tuan rumah untuk acara keempat Round Table Meeting Asosiasi Psikologi Positif Indonesia. Acara ini diselenggarakan selama dua hari, tepatnya pada tanggal 12-13 Januari 2024, di Hotel UNY, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebagai bentuk komitmen dalam penyelenggaraan kegiatan ini, Ibu Dr. Siti Rohmah Nurhayati menjabat sebagai Ketua Organizing Committee, sementara Ibu Dyah Kusumadhini, M.A., bertugas sebagai Ketua Steering Committee. Partisipasi aktif juga terlihat dari peserta sebanyak 61 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Para peserta tersebut terdiri dari dosen pengampu mata kuliah Psikologi Positif dan beberapa pengamat lainnya.

Acara dibuka dengan seminar yang disampaikan oleh Ketua Asosiasi Psikologi Positif Indonesia, Dr. Nurlaila Effendy, M.Psi. Seminar ini memberikan wawasan mendalam mengenai perkembangan terkini dalam psikologi positif di Indonesia.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan workshop penelitian yang dipandu oleh Prof. Kwartarini Wahyu Yuniarti, Ph.D., Psikolog, dan Edwin, M.Psi., Psikolog. Workshop ini bertujuan untuk memberikan peserta pemahaman yang lebih dalam terkait metodologi penelitian dalam ranah psikologi positif.

Tema utama dari Round Table Meeting kali ini adalah pembentukan kelompok penelitian dan penentuan tema-tema penelitian yang sesuai dengan tren global psikologi positif saat ini, yang juga disesuaikan dengan kondisi di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi riset dalam bidang psikologi positif.

Acara ini merupakan kegiatan tahunan yang diharapkan dapat menjadi wadah pengembangan diri bagi para dosen yang tertarik pada psikologi positif. Harapannya, keikutsertaan para peserta dapat berkontribusi positif bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan bangsa Indonesia.