Guest Lecture S2 Psikologi FIPP UNY: Pengembangan Kekuatan Karkter "Mengidentifikasi dan Mengembangkan Kekuatan Karakter"

Jumat (20/09/2023) Prodi S2 Psikologi FIPP UNY menyelenggarakan “Guest Lecture 2023” yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dan alumni Magister Psikologi FIPP UNY secara luring dan daring. Kegiatan ini mengusung tema “Pengembangan Kekuatan Karakter” oleh narasumber Iman Setiadi Arif, M.Psi, Psikolog yang berprofesi sebagai praktisi psikologi positif sekaligus dosen Fakultas Psikologi Maranatha. Kegiatan ini bertujuan me-refresh kembali ilmu agar dapat mengidentifikasi dan mengembangkan kekuatan karakater pada setiap individu.

Dalam pemaparannya, narasumber menjelaskan psikologi positif merupakan studi ilmiah terkait kekuatan dan kebajikan yang memungkinkan individu dan komunitas dapat berkembang. Individu dapat merasakan bahagia dan berkembang merupakan tujuan dari psikologi positif yang sering disebut dengan istilah Flourishing.

Acara ini menyuguhkan berbagai teori serta praktek sehingga diharapkan mahasiswa dan alumni mendapat wawasan baru terhadap ilmu psikologi positif khususnya terkait kekuatan karakter. Narasumber berbagi ilmu dengan menyajikan platform untuk membantu mengetahui kekuatan karakter pada setiap individu yaitu melalui VIA-IS. Ketika menggunakan platform VIA-IS, individu akan mengetahui 5 signature strength yang dapat digunakan didalam kehidupan sehari-hari. “Jika terdapat individu yang merasa kurang bahagia mungkin hal tersebut terjadi karena belum mengetahui dan menggunakan 5 signature strengths secara optimal”. Jelasnya.

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, berbagai ilmu dan wawasan baru serta kesempatan mengintepretasikan hasil VIA-IS secara langsung melalui microsoft excell. Acara ini mendorong mahasiswa dan alumni untuk melakukan skoring sehingga mampu memberikan makna secara mendalam terhadap hasil tes VIA-IS, dan dimaknai sebagai kekuatan yang dapat digunakan serta dikembangkan oleh setiap individu dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
(maskuri-yul.tj)